Psikologi, Sosiologi, dan Antropologi

1. APA ITU PSIKOLOGI?

Psikologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan proses mental yang dikaji secara ilmiah. Ada bermacam-macam tokoh psikologi yang cukup terkenal dengan teori-teori yang dicetuskannya, antara lain:

1.1 MASLOW
Maslow adalah seorang tokoh psikologi kepribadian. Menurut Maslow, setiap orang termotivasi oleh salah satu kebutuhan atau yang lain. Serta mempunyai potensi untuk tumbuh ke psikologi sehat yaitu self-actualization. Ada 5 tingkat yang termasuk dalam hierarki Maslow yang bisa dilihat ilustrasinya di bawah ini:

MASLOW's Hierarchy

1.2. SIGMUND FREUD
Teori Freud mengatakan bahwa dorongan seksual adalah factor yang paling penting dalam pembentukan kepribadian seseorang. Freud juga mencetuskan konsep struktur kepribadian, yaitu Id, Ego, dan Superego. Selain itu, ada juga 5 tahap psikoseksual, yaitu oral stage (0-18bulan), anal stage (1-3tahun), phallic stage (3-6tahun), Latent (6-11tahun), genital (remaja-dewasa).

1.3. JEAN PIAGET
Piaget terkenal dengan 4 tahap perkembangan kognitif pada anak-anak. Tahap yang pertama adalah tahap sensorimotor (0-2 tahun) yang perkembangannya melalui tindakan fisik seperti gerak reflek, berjalan, dll. Tahap yang kedua adalah preoperational stage golongan anak umur 2 sampai dengan 7 tahun. Anak-anak di tahap ini mulai merepresentasikan sesuatu secara simbolis namun terbatas. Yang ketiga adalah tahap concrete operational (7-11 tahun),  anak-anak sudah mulai berpikir secara konkrit. Dan yang keempat atau tahap terakhir adalah formal operational stage (11-15 tahun). Anak-anak pada tahap ini berpikir secara abstrak dan lebih logis.

1.4. B.F. SKINNER
Menurut Skinner, pembelajaran seorang individu ditentukan oleh reinforcement. Dimana reinforcement atau punishment yang diberikan kepada individu tertentu, dapat menjadi stimulus untuk belajar dan memotivasi individu tersebut. Ada 2 point yang ditekankan oleh Skinner yaitu reinforcement dan punishment. Reinforcement adalah kondisi untuk meningkatkan perilaku, sedangkan punishment ditujukan untuk mengurangi perilaku tertentu. Reinforcement dan punishment menurut skinner dibagi menjadi 2 yaitu positive dan negative. Positive disini diartikan sebagai menambahkan suatu stimulus, sedangkan negative menghilangkan sesuatu.

1.5. WILHELM WUNDT
Adalah Bapak Psikologi modern yang berasal dari Jerman dan merupakan orang pertama yang mendirikan laboratorium psikologi di Leipzig pada tahun 1879. Wundt mengeluarkan teori strukturalisme yang pada saat itu psikologi tercatat hanya memiliki satu aliran, yaitu psikologi strukturalisme.


2. APA ITU SOSIOLOGI?

Sosiologi terdiri dari 2 kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu socios yang berarti teman atau kawan dan logos yang berarti ilmu atau pengetahuan. Dari kedua kata tersebut dapat disimpulkan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan bermasyarakat. Berikut ini adalah definisi-definisi yang dikemukakan oleh beberapa ahli.

2.1. PIRITIM SOROKIN
Menurut Sorokin sosiologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang hubungan dan pengaruh timbale balik antara gejala social dan gejala nonsosial, serta hubungan dan pengaruh timbale balik antara aneka macam gejala social seperti gejala ekonomi, gejala agama, dan gejala moral.

2.2. Auguste Comte
Comte adalah ahli filsafat sekaligus sosiolog berkebangsaan Peranci. Menurut beliau, osiologi berarti bercerita tentang teman atau kawan (masyarakat). Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah yang dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain.
Auguste Comte

2.3. MAX WEBER
Menurut Webber, sosiologi adalah ilmu yang berkecimpung di tindakan-tindakan social dan bagaimana cara memahaminya.

2.4. PAUL B. HORTON
Sosiologi adalah ilmu yang pusatnya berada di penelaahan kehidupan suatu kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

2.5. ALLAN JOHNSON
Sosiologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dan perilaku manusia, terutama yang ada kaitannya dengan system social. Serta bagaimana suatu system mempengaruhi orang dan bagaimana pula suatu individu mempengaruhi system tersebut.

Dari beberapa pemaparan definisi-definisi di atas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa sosiologi adalah ilmu yang membicarakan tentang apa yang sedang terjadi sekarang. Khususnya pola-pola hubungan dalam masyarakat. 


3. APA ITU ANTROPOLOGI?

Istilah ‘antropologi’ diambil dari bahasa Yunani yang terdiri dari 2 kata, yaitu Anthropos dan Logos. Kata anthropos artinya adalah manusia, sedangkan logos berarti pikiran atau ilmu. Sehingga muncul suatu definisi bahwa Anthropologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari manusia.

3.1. Antropologi Fisik
Cabang ini mengaji hubungan antara kebudayaan dan manusia secara biologis.

3.2. Antropologi Budaya
Cabang ini meliputi keanekaragaman budaya, unsur-unsur kebudayaan, kebudayaan universal, serta mengungkapkan hubungan antara struktur sosial masyarakat dengan kebudayaan.

3.3. Antropologi Linguistik
Mengkaji tentang keanekaragaman bahasa yang konteksnya merupakan latar belakang dari penuturnya.

Pandangan antropologi menurut beberapa tokoh:

3.2.1. EDWARD BURNETT TYLOR
Menurut Tylor, kebudayaan mencakup moralitas, hokum, adat istiadat, pengetahuan, serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan manusia sebagai anggota masyarakat.

3.2.2. BRONISLAW MALINOWSKI
Kebudayaan merupakan penyelesaian masalah manusia terhadap lingkungannya sesuai dengan tradisi.

3.2.3. CLIFFORD GEERTZ
Geertz memilih kajian-kajian antara budaya dan agama dengan membangun kerangka kerja common sense, agama, dan seni sebagai suatu system kebudayaan. 

3.2.4. LESLIE WHITE
Terdapat 3 komponen kebudayaan (tekno-ekonomis, social, dan ideology) yang berpengaruh terhadap social dan ideology. 
Leslie White

3.2.5. WILLIAM A. HAVILAND
Menurut beliau, ada 2 aspek yang dibahas dalam antropolgi yaitu manusia serta kebudayaannya. Sehingga antropologi menurut Haviland adalah sebuah studi yang mempelajari tentang persamaan maupun perbedaan manusia dan kebudayaannya.


Referensi:
Waluya, Bagja. 2007. Sosiologi: menyelami fenomena sosial di masyarakat. Bandung: PT, Setia Purna Inves
Nasir, Prof. Dr. H.M. Ridlwan. 2007. Madzhab-madzhab Antropologi. Yogyakarta: LKiS
Laura A. King..  (2013).  The science of psychology: an appreciative view2.  3rd Edition.  McGraw Hill.
(2005). 100 Tokoh yang Mengubah Indonesia. Yogyakarta: Narasi

6 comments:

Yovita said...

bagus dan lengkap infonya.. makasih ya mel.. 69 buat kamu :) semangat yah

Unknown said...

Materinya sudah lengkap dan cukup menarik, nilainya 69 buat kamu :) semangat yah mela:)

Unknown said...

materinya sudah bagus dan lengkap, ditambah picture maslow hierarcy nya unik dan menarik jadi saya kasih nilai 69 ya mel

Unknown said...

mell materinya cukup menarik. jadi sekarang aku kasih nilai 70 yaa :)

Unknown said...

Sangat bagus. nilai 73

Unknown said...

sudah bagus tetap dipertahankan

Post a Comment