1. Knowledge
![]() |
gambar 1. Knowledge |
1.1 Pengetahuan indrawi lahir
pengetahuan yang didapat
manusia secara langsung, baik itu dilihat, didengar, dicium, dirasakan, maupun
diraba.
1.2. Pengetahuan indrawi batin
Pengetahuan yang
didapatkan dengan ingatan dan khayalan.
1.3. Pengetahuan Perspektif
Pengetahuan yang muncul
secara spontan dan didapatkan melalui gerakan, sikap, dan tindakan.
1.4. Pengetahuan
Refleksif
Pengetahuan yang
diungkapkan melalui ide, konsep, definisi, lambing, maupun karya seni.
1.5. Pengetahuan Diskursif
Pengetahuan yang dilihat
dari sebab-akibat, akibat-sebab, prinsip-konsekuensi, konsekuensi-prinsip, dan
sebagainya.
1.6. Pengetahuan Intuitif
pengetahuan yang memahami
secara langsung benda atau situasu dalam salah satu aspeknya, keseluruhan dalam
satu bagian, sebab dalam akibat, konsekuendi dalam prinsip, dan sebagainya.
1.7. Pengetahuan Induktif
pengetahuan yang melihat
secara keseluruhannya dulu baru kesimpulannya.
2. Intelligence
![]() |
Gambar 2. Intelligence |
Bentuk kegiatan
intelektif manusia berasal dari tahap-tahap yang paling sederhana sampai dengan
tahap yang paling kompleks. kegiatan intelektif yang paling rendah atau yang
paling sederhana adalah persepsi atau penglihatan yang umumnya digerakkan
secara tidak sadar.
3. Affection
Manusia disebut sebagai
trias-dinamika yang meliputi Cipta (kognisi), Karsa (konasi), dan rasa (afeksi).
Afektivitas berperan untuk menggerakkan hati manusia, keinginannya, dan
ketertarikannya untuk mengamati, mempelajarim dan mengembangkan hal-hal actual di
sekitarnya.
![]() |
Gambar 3. Affection |
Afektivitas berbeda
dengan pengetahuan tetapi merupakan penyebab dan akibat dari proses pengetahuan
manusia dalam penerapannya melalui perbuatan atau tindakan. Kelompok positivism
memandang afektivitas bersifat nonkognitif karena kendala indrawi yang tidak
dapat memberikan penegasan epistemologis yang sesuai dengannya. Ada kemungkinan
bahwa pengetahuam tertentu mungkin bisa tercapai dengan perasaan. Pengetahuan
eksistensial mempunyai sifat sebagai kepastian bebas dan kepercayaan bahwa
kebebasan manusia tidak pernah hilang dari penegasan intelektual mengenai
adanya afektifitas dalam alam pengetahuannya. Cinta (afektifitas positif) dan benci
(afektifitas negative) dapat menjadi dasar penentuan tindakan kognitif.
Pengalaman-pengalaman afektifitas tentunya menjadi syarat untuk menentukan
dalam proses intelegensi manusia.
4. Freedom
![]() |
Gambar 4. Freedom |
Realisasi diri secara
sempurna, bisa didapatkan manusia jika ia mendapatkan kebebasan. Manusia adalah
makhluk yang bebas, tapi ia juga harus memperjuangkan kebebasannya. Pada jaman
penjajahan, kebebasan diartikan sebagai keadaan dimana mereka terlepas dari
penindasan. Sedangkan, zaman sekarang, kebebasan tidak hanya sekedar terbebas
dari penindasan, tapi lebih untuk mengaktualisasikan diri ditengah perkembangan
zaman modern ini.
Manusia bisa disebut
bebas jika ia sungguh-sungguh mengambil inisiatif dan bertanggung jawab atas
perbuatannya. Kebebasan berkaitan erat dengan kemampuan internah definitive penentuan
diri, pengendalian diri, pengaturan, dan pengarahan diri.
“Freedom is self-determination”
ungkapan ini mengandung arti bahwa kebebasan itu merupakan suatu cirri khas perbuatan
yang hanya terdapat dalam manusia, bukan pada hewan atau benda. Karena manusia
memiliki kemampuan untuk mengungkapkan hasrat serta keinginannya. Manusia
mempunyai kehendak yang bebas dan kemampuan memilih. Kebebasan sejati hanya
terdapat di dalam diri manusia yang mempunyau akal budi. Kebebasan sebagai
penentu diri mengandalkan peran akal budi dan kehendak bebas manusia.
References:
http://www.psikologiku.com/definisi-pengertian-intelegensi-menurut-para-ahli-psikologi/
(diakses pada Jumat, 4 April
2015)
D., Ratna
Sulistami., Mahdi, Erlinda Manaf. Universal
intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Grasindo.
5 comments:
Mel, tulisannya udah lengkapp aku kasih nilai 80 ya mell ^^
Mell postan nya udah lengkap sm udah ada gambar juga yeaaayy. Aku kasih nilai 83 yaaa
Goodluck mellaaaa
Mella tulisannya sudah lengkap dan menarik aku kasih nilai 82 yah :)
Mella punya kamu sudah lengkap informasi, tapi mungkin kamu lupa menambahkan sumber dari binus maya ya mel nilai kamu 83 yaa:))
Lengkap,menarik dan rapi nilai 83
Post a Comment